Jenis dan Merk Kipas Angin AC yang Hemat Listrik


Indonesia merupakan Negara beriklim tropis dengan suhu di udara rata-rata sekitar 20-30 derajat celcius bahkan bisa mencapai lebih dari itu.

Nah, dengan suhu rata-rata di Indonesia yang cukup panas membuat temperatur di dalam ruangan juga ikut meningkat.

Alternatif lain untuk mengurangi atau menurunkan suhu ruangan menjadi lebih dingin yaitu dengan menggunakan alat-alat pendingin. Alat pendingin yang biasa digunakan yaitu kipas angin, air conditioner, ataupun kipas angin AC. 

Beberapa orang mungkin kebingungan memilih saat akan membeli pendingin ruangan yang bagus. Nah, dari ketiga alat pendingin tadi sebenarnya banyak pertanyaan yang muncul “manakah yang lebih baik dan lebih hemat jika digunakan?” 

8/10 orang banyak yang menjatuhkan pilihan pada kipas angin AC. Mengapa harus membeli kipas angin AC? Yuk kita bahas sama-sama.

Kelebihan Kipas Angin AC
Jika dibandingkan dengan alat pendingin lainnya, kipas angin AC memiliki banyak kelebihan terutama dari segi penggunaan daya listrik. Energi yang dibutuhkan untuk menghidupkan kipas angin AC yaitu sekitar 7,4 – 200 Watt. 

Jadi sekarang Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakan alat penyejuk ruangan karena kipas angin AC ini dapat bekerja meskipun dengan beban listrik kecil.

Selain itu, kipas angin AC juga memiliki nilai praktis dan fleksibel dari segi ukuran dan penggunaanya. Sehingga kipas angin AC ini merupakan satu dari banyak alat yang dapat Anda pertimbangkan ketika akan membeli alat penyejuk ruangan, apalagi jika beban atau daya listrik di rumah anda cukup rendah. 

Jenis-Jenis Kipas Angin AC
Bagi Anda yang akan membeli kipas angin AC akan lebih baik kenali terlebih dahulu jenis-jenis kipas angin AC itu sendiri. 

Secara umum, ada 3 jenis kipas angin AC   yang dapat kita ketahui diantaranya, personal cooler, residential cooler dan semi outdoor cooler. Ketiganya dibedakan berdasarkan karakteristik dan fungsinya masing-masing. 

Personal Cooler merupakan kipas angin AC yang digunakan untuk perseorangan atau diperuntukkan untuk menyejukan tubuh seseorang. Kipas angin AC jenis ini memiliki bentuk tangki dan air flow yang lebih kecil, namun dapat bekerja secara optimal dalam memberi kesejukan. 

Residential Cooler merupakan jenis Kipas angin AC yang sering digunakan di rumah-rumah karena memiliki bentuk dan ukuran yang cukup besar, sehingga dapat memberikan efek sejuk yang lebih optimal pada sebuah ruangan. Jadi jangan heran jika kipas angin AC jenis ini memiliki harga yang cukup mahal. 

Semi Outdoor Cooler berbeda dengan jenis kipas angin AC yang kedua yaitu Residential Cooler, Semi Outdoor Cooler dapat digunakan di luar ruangan. Selain dapat menyejukan, kipas angin AC yang satu ini memiliki kemampuan tahan terhadap berbagai macam cuaca. 

Merk Kipas Angin AC yang Hemat Listrik
Dari penjelasan sebelumnya mengenai beberapa jenis kipas angin AC tersebut, Anda harus bisa memilih jenis apa yang paling anda butuhkan saat ini. Namun, setelah menentukan jenisnya kadang banyak juga pertanyaan merk kipas angin AC apa yang dapat menghemat listrik lebih tinggi? 

Oleh sebab itu, kali ini kita akan memberikan rekomendasi merk kipas angin AC yang dapat Anda pertimbangkan ketika akan membelinya. 

1. HONEYWELL CS10XE 
HONEYWELL CS10XE
Produk yang berasal dari Amerika ini memiliki kelebihan dalam segi menghemat listrik. Tidak tanggung-tanggung CS10XE ini dilengkapi dengan kemampuan yang mampu menyejukan ruangan secara optimal meskipun dalam ruangan yang cukup besar. 

Produk kipas angin AC CS10XE dari Honeywell ini tidak terlepas dari set pengingat yang canggihnya, yang dapat mengingatkan sewaktu-waktu tangki air habis. Dengan banyak fitur yang diberikannya, CS10XE ini tetap tidak memakan banyak daya listrik di rumah Anda. 

2. MIDEA AC100A
MIDEA AC100A
Midea AC100A memiliki kelebihan salah satunya yang terkenal yaitu fitur 3 pengaturan anginnya. Kipas angin AC ini juga dapat mendeteksi jika tangki air akan habis. Ruang penyimpanan air yang dimilikinya adalah sekitar 6 liter. Produk ini juga mengklaim bahwa midea lebih hemat listrik karena hanya membutuhkan daya listrik sekitar 55 watt.

3. SANKEN SAC-38 
SANKEN SAC-38
Kelebihan yang utama pada produk kipas angin AC dari merk Sanken ini yaitu bisa mendeteksi jika sewaktu-waktu tangki air habis. Harga yang cukup terjangkau dan konsumsi daya listrik yang kecil yaitu sekitar 69 Watt, membuat Anda dapat menikmati pendingin ruangan tanpa mengocek kantong dalam-dalam. 

Itulah beberapa jenis dan merk kipas angin AC yang hemat listrik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang persiapan akan membeli alat pendingin ruangan.

0 komentar:

Posting Komentar